Pages

Saturday, December 31, 2011

Posting di akhir tahun 2011

Dari message salah satu sahabat, gue baru mikir. Sebenarnya apa sih yang istimewa di tahun baru? Gue sih paling menyadari hanya di cara menulis tanggal. 1 digit terakhir pastinya akan berganti menjadi angka 2 di tahun 2012 nanti. Hem dari waktu sekarang, kurang lebih 7 jam lagi, angka itu nyata akan berganti. Lalu apa lagi?

Ya selain konser musik yang marak, tempat tempat hiburan dan wisata yang semakin ramai, -liat aja monas, ancol, kota tua, dan destinasi lain-, terompet yang semakin bergerumuh -bahkan sejak berlangsungnya Tera cup di MAN ICS-, kembang api, petasan, dan berbagai atribut lainnya.

Oke bukan maksud gue menuding orang orang yang merayakan moment itu, cuma ini hanya sudut pandang gue -melihat dengan pikiran- dan gue coba share aja.

Tadi, iseng iseng gue nanya ke beberapa temen;
'Apa yang bakal lo lakuin di hari terakhir di tahun 2011?'
Simpel kan? and here they are some answers.
  • Row: Hari ini gue ngapain? Hari ini gue balik ke ic. (Jawaban klasik semua anak IC -sorry-)
  • Tio: Hari ini ku akan menyatakan cinta #nowplaying terlalu lama-Viera hahaha kagalah. Packing buat ke ic *malesbgt. (Padahal jawaban asli dari hati itu biasanya yg pertama terucap. Ya gak? Jadi sesungguhnya mungkin benar orang ini akan melancarkan suatu serangan. Haha bercanda yo ;) Tapi ini termasuk jawaban kreatif kok hehe)
  • Ree: Takziah cha. Evaluasi dan berdoa. (Kalo sobat gue yang satu ini sedang berduka soalnya salah satu temennya wafat. Semoga amal ibadah temennya itu diterima di sisi-Nya. Jawaban selanjutnya jawaban wajib seorang muslim -I Think-)
  • Gal: Ga ada. Semuanya serba biasa. Seperti hari hari biasa. Paling lakuin hal ga biasanya ntar pas ultah aja haha. (Oke ini jawaban yang gue suka. Ga biasa. Ya paling ntar tinggal gue tagihin aja pas dia ultah. haha sorry gal. Tapi kalo dipikir iya juga sih, tahun baru, umur lu cuma nambah sehari dari hari sebelumnya. Apa yang istimewa? hehe)
  • Zii: Prepare and packing hehe. (Ini juga nih jawaban anak IC hehe)
  • Miftah: Mengoreksi diri sendiri selama setahun ke belakang, dan menyiapkan plan setahun kedepan. (Oke bolehlah, jawaban visioner)
  • Ibra: Main basket. (Kata gue: Ga usah tahun baru juga lu palingan main basket juga hehe)
  • Izzu: Kenapa ca? Mau taun baruan bareng gw? (Yang ini jawaban pede :p haha sorry ya zu)
Oke tadi diatas cuma beberapa komen temen-temen gue. And now, How about you?
Kalo gue ditanya balik tadi, gue jawab: Bersyukur atas semua kebahagiaan di tahun ini. Eaa bahasa gue. Soalnya itu kan bisa berbentuk apa aja. Ya gak?
Yah, apapun jawaban kalian, Do what you want to do. Ga ada yang ngelarang selama masih yang di perbolehkan -Iyalah-

Ya saran gue sih -terlebih bagi yang muslim ini ya-
mending lu pake malem ini buat nge-date sama Dia. Yang Diatas ituloh.
Gue ga bermaksud menggurui juga disini. Tapi, hem mikir ke belakang, kapan ya terakhir kita bersimpuh diatas sajadah? menangis -mungkin- dan mengadu. Mungkin hanya disaat susah. Nah disitu ujian sebenernya. Kita inget ga sih sama Dia disaat kita berbahagia menyambut tahun baru? Juga evaluasi setahun ke belakang kita sudah ngapain aja?

Salah satu resolusi gue di tahun ini, cobalah berpikir positif,
salah satunya memaafkan semua kesalahan orang orang di sekitar kita, Anggap semua orang di dunia ini baik. Kan emang fitrah mereka begitu kan ya. Dan berusaha lah juga jadi orang baik itu. Kehidupan dunia sebenernya simpel. Berlaku baik maka orang lain juga akan baik~
Gue pribadi sih punya banyak kenangan di 2011 ini, tapi itu tak ubahnya kenangan di tahun tahun sebelumnya. Ada yang muncul, bersembunyi, dan menghilang. Itu normal. That's my life. Social network, and others.

Ya mungkin gue juga bukan penganut peraya tahun baru, apalagi setelah mendengar puncak tahun baru yang sangat sangat berisik itu -sorry- , tapi seriusan deh, mikir engga sih, yang nyalain petasan dan lain lain, mungkin itu bentuk euforia lu nyambut tahun 2012, tapi mungkin aja ada nenek kakek di sekitar lu yang memang kemampuan telinganya menurun, tambah menurun gara-gara keberisikan? mungkin aja ada anak bayi yang menganggapnya sebagai suatu musibah? mungkin aja ada yang lagi belajar buat UAS -terutama mahasiswa-, mungkin aja ada ada ada siapa pun di lingkungan lu. Who cares? Ya, siapa yang peduli kalau bukan dari kita kita juga.

Tapi ga sepenuhnya tahun baru itu buruk lhoh. Ini yang gue suka dan mulai gue wajibkan ke diri gue sendiri. Buat RESOLUSI di tahun ini -ya walaupun punya gue yang tahun lalu ilang-.- hehe-
Tak ada bedanya dengan resolusi yang lain, Ini planning gue setahun kedepan. Bahkan kalau bisa, sediakan peta hidup kamu sampe umur 70 misalnya. Apa target utama kita di tahun ini?
Apa yang tahun lalu terwujud? Ya, Semuanya harus di rencanakan mulai sekarang. Orang bilang hidup itu ikuti aja seperti aliran air. Tapi itu ga sepenuhnya bener. Kita harus punya target yang harus dicapai disetiap tahunnya. Seenggaknya hidup kita harus memiliki tantangan, biar seru orang-orang bilang mah. Apa nikmatnya hidup jika tidak dipenuhi masalah, tantangan, dan kebahagiaan? Bisa kok semua unsur itu kita campur, dalam satu kata, LIFE .

Dan juga, sebenernya ya, tahun baru ini juga buat ngingetin kita tentang waktu.
Apa sih waktu itu? -ini juga baru diingatkan seorang kawan dekat-
Menurut gue sih : Pengendali aktivitas manusia. Ya seseorang ga akan bangun, mulai beraktivitas, istirahat kalo ga ada waktu yang tersedia, waktu yang membatasi.
Kalo menurut si dia : Waktu itu Aliran kayak air, dengar alirannya enak, liat alirannya juga enak tapi waktu ga bisa dirasakan indera, cuma bisa dirasakan jiwa. Eyyaaa ;)
Yang pasti, semakin berlalunya waktu, itu pertanda waktu yang kita punya di dunia semakin berkurang pula. Untuk apa kita habiskan waktu setahun kebelakang, bahkan bertahu-tahun kebelakang, itu menjadi evaluasi. Untuk apa waktu setahun kedepan yang akan kita jalani, itu menjadi rencana. Just do it as simple as you can.
Ini juga yang selalu buat gue sadar, berapa waktu yang masih kita punya di dunia?
Kematian bisa menjemput dimana saja. Tanggal 31 Desember gue sendiri sudah mendengar 2 berita kematian. Siapa yang menyangka bahwa hidup almarhum tersebut berhenti di penghujung tahun? Bahkan menurut kesaksian temen gue yang sahabatnya, kemarinnya ia baru saja bertemu, bertukar kabar, saling sapa setelah lama tak bertemu, dan semuanya baik baik saja. Hingga kecelakaan itu tiba, dan merenggut nyawa serta menghadirkan duka bagi orang di sekitarnya. Pikiran positifnya : Allah bener bener sayang sama orang itu, tak mau orang itu berbuat lebih banyak kemaksiatan yang sangat mungkin dilakukan di dunia ini, maka Ia ambil ke sisi-Nya. Aamin.
Beda lagi sama yang satunya. Bapak ini meninggal tanpa ada sebab khusus, memang sudah waktunya. Tapi anak yang ditinggalkannya menangis seharian. Wajar, anak tersebut masih kelas 5 SD dan belum memahami benar arti kepergian, arti kehilangan.
Ya itu semua, sekali lagi mengingatkan kita akan waktu. Siapa yang tahu? mungkin aja ajal bakal ngejemput gue di tahun 2012 ini. Tinggal dekatkan diri padaNya, selalu menebar kebaikan, agar tercapai mimpi untuk memasuki surga-Nya.
Di belahan bumi yang lain, mungkin juga beberapa bayi baru lahir di tahun ini. Semua tergantung kehendakNya.

Sebenernya angkatan gue ngadain malem tahun baruan bareng, ya gue nganggepnya ini ajang mengakrabkan diri dengan angkatan dan juga meningkatkan silaturahim, tapi ternyata gue emang ga bisa ikut, sorry ya Foranza, wish I can join another event with you all.

Rencananya ini posting mau di publish tanggal 31 Desember 2011, karena kesalahan teknis jadi tanggal 1 Januari 2012 deh. Tak apa, Selamat tahun baru, semoga semua resolusi di tahun ini bisa tercapai semua. Amin.
Semua yang diatas tak lain juga buat mengingatkan diri gue sendiri, jadi mohon maaf jika banyak terdapat kesalahan. Thanks :)

2 comments:

  1. Speechless gue bacanya...~,~. ngingetin gue tentang sahabat gue aja..haha
    thanks chaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga maksud tas
      waktu itu lagi pengen nulis aja eh pas lagi itu~

      Delete